Berada di wilayah paling selatan Indonesia, Pulau Rote menyajikan kekhasan budidaya lontar, alat musik sasando, topi adat ti’i langga, dan wisata bahari terutama olahraga selancar. Pulau Rote juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk mencicipi gulungan ombak dengan berselancar. Pemandangan pantai berair jernih yang dihiasi oleh pohon bakau disekelilingnya akan kamu temui saat tiba di pelabuhan Ba’a Rote. Tak salah jika Pulau Rote dinobatkan sebagai surga bagi peselancar dunia, di sini kamu akan dapat menemukan T-Land yang merupakan jalur ombak terpanjang di Indonesia yang menggulung ke kiri dengan putaran yang spektakuler.

1. Transportasi?

transportasi pulau rote
Pulau Rote dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat dengan penerbangan ke kupang dan mendarat di Bandara El Tari. Dari bandara, traveler akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Laut Tenau untuk menyeberangi lautan ke Ba’a di Pulau Rote. Perjalanan ditempuh selama 2 jam dengan menggunakan kapal feri untuk tiba di Desa Nemberala.

2. Akomodasi?

akomodasi pulau rote
Nemberala Beach Resort. Bungalow yang menyerupai rumah tradisional ini memiliki nuansa kayu yang lekat dengan suasana yang diinginkan seorang penjelajah dan petualang pantai indah. Pengunjung resort ini biasanya seorang peselancar, penyuka olahraga pancing, dan para petualang.

Rote Island Lodge. Penginapan yang letaknya tepat di atas sebuah bukit yang menghadap ke arah lautan lepas. Pengunjung penginapan ini adalah para penyelam, peselancar, dan petualang yang menyukai suasana alam liar.

Malole Surf House. Penginapan ini mayoritas terbuat dari pohon lontar dengan bangunan semi tembok dan kayu yang dibuat menjadi dua rumah terpisah yang dapat mengakomidir sekitar sepuluh orang peselancar.

3. Berenang di Pantai Indah Pulau Rote

pesona bawah laut pulau rote
Bila Anda suka berenang dan menyelam maka Rote pun menawarkan beberapa tempat yang sangat anggun di bawah lautnya. Dengan pulau-pulau kecil yang kebanyakan tak berpenghuni maka terumbu karang di bawahnya sangat asri dan ditinggali ikan beraneka warna, termasuk ikan pari Manta dan juga hiu dugong.

4. Nikmati Ombak Pulau Rote!

RoteT-land
Ada banyak spot olahraga selancar di Pulau Rote, mulai dari Break, T-Land, Bo’a, N’dau dan Peanuts. Keempat lokasi ini digemari peselancar mahir yang datang saat bulan Juli hingga September. Petualang olahraga selancar akan merasakan pengalaman menikmati gulungan ombak yang memiliki pemandangan indah batu-batu karang di bawah laut. Bagi para penggemar selancar arah kanan, maka pergilah ke Pulau Do’o, tempat yang menjadi penyedia gulungan ombak arah kanan terpanjang di Indonesia. Hanya dengan berperahulah para peselancar dapat menunggangi kehebatan ombaknya. Tak seperti tempat lainnya, di Pulau Do’o maka para peselancar pergi di awal musim atau di ujungnya, karena letak geografisnya yang unik. Pendek kata, saat tempat lain tutup, Pulau Do’o membuka waktu selancarnya di bulan Maret dan Desember.

5. Tips and Tricks

pulau rote
Saat liburan di Pulau Rote, kamu akan menemukan spesies khusus khas Pulau Rote bernama kura-kura ular (snake-necked turtle) yang sangat langka dan dilindungi karena jumlah populasinya sudah semakin sedikit. Sebaiknya saat liburan kesini bawalah banyak air putih untuk diminum, pakai tabir surya, pelindung anti nyamuk, dan gunakan jasa pemandu lokal agar aman menyusuri Pulau Rote.

Sumber :

http://www.hipwee.com/list/surga-para-peselancar-di-pulau-rote-jalur-ombak-terpanjang-di-indonesia/

Share This:

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *