Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun yang sangat indah, dan bahkan mempunyai julukan sebagai Niagara-nya Jawa Timur. Air Terjun ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Warga dari kedua kabupaten ini sering menyebutnya Grojogan Sewu, Coban Grojogan Sewu, Coban Tumpak Sewu, atau Coban Sewu. Dinamakan oban Sewu karena aliran air sangat banyak sehingga diberi nama “sewu” dalam bahasa Indonesia artinya “seribu”.

Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Malang. Destinasi ini relatif belum terlalu ramai karena umumnya wisatawan yang ke Malang lebih banyak mengunjungi kota wisata Batu, kawasan pantai selatan Malang, dan Gunung Bromo.

Setelah tiba di area parkir air terjun, kita hanya perlu jalan kaki 10 menit melewati kebun salak untuk sampai di view point Tumpak Sewu. Dari spot ini kita bisa melihat panorama deretan air terjun -sesuai namanya, Tumpak Sewu atau Coban Sewu yang berarti banyak air terjun, yang jatuh dari ketinggian lebih dari 100 meter. Saat cuaca cerah, kita juga bisa melihat megahnya Gunung Semeru sebagai latar belakang air terjun. Lokasi ini disebut sebagai spot Panorama Tumpak Sewu.

Jika anda belum puas melihat dari spot Panorama, anda bisa melanjutkan untuk turun meyusuri jalur menuju dasar air tejun. Perjalanan ini cukup melelahkan dan bisa dibilang bersifat adventure. Setelah sekitar 30 menit anda akan menemui air terjun lain yaitu air tejun Goa Tetes. Air tejun ini tak kalah cantik dengan air tejun Tumpak Sewu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *